Hal penting dalam hidup

Seorang profesor filsafat berdiri di depan kelasnya dengan beberapa barang di atas meja di depannya. Ketika kelas dimulai, tanpa berkata-kata ia mengambil sebuah toples mayones yang sangat besar dan kosong dan mulai mengisinya dengan bebatuan, berdiameter sekitar 2 inci.

Dia kemudian bertanya kepada siswa apakah toples itu penuh. Mereka setuju itu.

Maka sang profesor kemudian mengambil sekotak kerikil dan menuangkannya ke dalam toples. Dia mengguncang stoples itu dengan ringan. Tentu saja batu- batu kerikil terguling ke area terbuka di antara bebatuan.

Dia kemudian bertanya kepada siswa lagi apakah toples itu penuh. Mereka menyetujuinya.

Profesor itu mengambil sekotak pasir dan menuangkannya ke dalam toples. Tentu saja, pasir itu mengisi area buka toples yang tersisa.

Dia kemudian bertanya sekali lagi jika toplesnya penuh. Para siswa menanggapi dengan suara bulat “Ya.”

Semua siswa pun dengan penasaran dan bertanya apa yang di maksud oleh professor tersebut??

profesor pun berkata, “Saya ingin menjelaskan kepada anda bawha toples ini mewakili hidup Anda. Batuan adalah hal yang penting seperti keluarga Anda, pasangan Anda, kesehatan Anda, anak-anak Anda . Jika segala sesuatu hilang dan hanya tinggal mereka, hidup Anda akan tetap penuh.
Kerikil adalah hal lain yang penting – seperti pekerjaan Anda, rumah Anda, mobil Anda.
Pasir adalah segalanya, barang-barang kecil. ”
Semua siswa pun masih bingung sebenarnya apa yang ingin dijelaskan oleh Professor

Professor pun menjelaskannya Jika Anda memasukkan pasir ke dalam toples terlebih dahulu,” lanjutnya, “tidak ada tempat untuk kerikil atau bebatuan. Hal yang sama berlaku untuk hidup Anda. Jika Anda menghabiskan seluruh waktu dan energi Anda untuk hal-hal kecil, Anda tidak akan pernah memiliki ruang untuk hal-hal yang penting bagi Anda. Perhatikan hal-hal yang penting untuk kebahagiaan Anda. Bermain dengan anak-anak Anda. Bawa pasanganmu menari. Akan selalu ada waktu untuk pergi bekerja, membersihkan rumah, memberi makan malam, atau memperbaiki pembuangan. ”

“Jaga batuan dulu – hal-hal yang sangat penting. Tetapkan prioritas Anda. ”
Dan semua siswa pun mengerti sebenarnya Proffesor ingin mengajar muridnya Hal Penting Dalam Hidup

Hal penting dalam hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.